Hadapi Ujian, Sekolah Bentuk Tim Sukses

Tahun lalu siswanya 100 persen lulus

Ujian nasional bagi sebagian siswa adalah saat yang ditunggu, karena dengan Ujian Nasional itulah mereka dapat mengukur kemampuan selama belajar. Karena Ujina Nasional akan menentukan nasib setiap siswa apakah mereka lulus atau tidak. Namun bagian sebagian siswa lain Ujian Nasional adalah momok yang menakutnya. Banyak factor yang menyebabkan mereka katakutan. Antara lain adalah kerena mereka belum siap, sebagian lain karena mereka memang tidak mampu, dengan standarisasi yang semakin tahun semakin naik.

Melihat situasi seperti inilah banyak sekolah yang menggunakan strategi agar siswanya banyak yang lulus. Antara lain adalah dengan membentuk tim sukses. Bukan hanya Pemilu yang ada tim suksesnya Ujian Nasional ternyata punya tim sukses juga ya. Sekolah di Balikpapan yang punya tim sukses adalah SMPN 4 Balikpapan, MTsN I Balikpapan, SMPN 1, SMPN 12 SMPN 2 dan SMPN 14. Tim sukses yang dimaksud adalah membentuk keompok kinerja guru.

Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan bertugas sesuai denga tugas yang tyelah diberikan. Di SMPN 4 misalnya siswa dibagi emnjadi dua kelompok, yang pertama adalah kelas target dan yang kedua adalah kelas karantina. Kelas target adalah siswa yang dianggap mampu menyerap pelajaran yang di Unaskan. Sedangkan kelas Karantina adalah siswa yang dianggap kurang mampu dalam menghadapi Unas.

Nah, dari kelas karantina inilah, mereka di berikan motivasi dan pelajaran tambahan oleh guru-guru yang telah ditunjuk. Dengan sistim ini ujian nasional yang sudah semakin dekat akan terlaksana dengan kesiapan yang memadai. Dan buktinya kelulusan tahun lalu bisa mencapai angka yang memuaskan. BAhkan hamper semua sekolah yang menerapkan system seperti ini hamper 100 persen siswanya lulus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: